Iklan dibawah navigasi

Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-Tiba di Android Tanpa Aplikasi, Cuman 3 Menit!

Apakah Anda pernah mendapati iklan yang tiba-tiba muncul pada layar smartphone? Jika hal ini terjadi, maka artinya perangkat Android Anda terkena serangan malware. Tahukah Anda, iklan tersebut disisipkan untuk memperoleh pundi-pundi rupiah? Hal ini jelas sangat merugikan si pengguna android yang terserang malware, dilain sisi ini sangat menguntungkan si pembuat yang menyisipkan iklan. Jika sudah merambah sampai ke sistem operasi android, maka sangat sulit untuk menghilangkan iklan tersebut. Jika sudah begitu maka hp android harus dilakukan root terlebih dahulu, untuk menghabiskan si malware tersebut.

Tak hanya itu, bahkan yang lebih parah, ada juga yang melakukan pencurian data data email, kontak hingga pulsa dengan meng-klik iklan tersebut. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan, bukan? Dan yang pasti, hal ini akan mengganggu kinerja smartphone. Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara menghilangkan iklan yang muncul tiba-tiba di Android tanpa root dan tanpa aplikasi. Berikut ulasannya:

1. Kenali Sumber Malware

Biasanya, iklan akan muncul begitu Anda membuka layar kunci. Anda bisa saja melakukan kesalahan dengan meng-klik-nya secara tidak sengaja. Ada berbagai hal yang bisa menjadi sumber iklan ini. Bisa saja berasal dari aplikasi yang terinstall tetapi tidak melalui PlayStore.

Seperti halnya game mod atau aplikasi yang didownload dari situs tertentu. Aplikasi tersebut seringkali disisipi dengan malware iklan untuk mendapatkan keuntungan. Jenis malware yang biasanya menimbulkan iklan yaitu Monkey Test dan Time Service. Nah, jika Hp kadang muncul iklan sendiri, bisa jadi penyebabnya adalah malware tersebut.
Untuk itu, segera hapus aplikasi yang Anda curigai yang sekiranya diinstall bukan dari PlayStore. Jika iklan tidak lagi muncul, berarti cara menghilangkan iklan di layar Android telah berhasil. Agar tidak terulang lagi, maka sebaiknya jangan terlalu sering menginstall aplikasi aplikasi mod.

2. Aplikasi Berjalan di Belakang

Jika setelah melakukan langkah pertama tak juga berhasil. Maka, sebaiknya periksa aplikasi mencurigakan yang berjalan di Running Apps. Caranya, saat membuka lockscreen lalu iklan tiba-tiba muncul, jangan langsung menutupnya. Tarik ke bawah notifikasi drawer, lalu pilih menu setting. Nah, di setting, coba Anda buka pilihan aplikasi lalu geser atau pilih. di situ akan menunjukkan aplikasi yang berjalan. Anda akan melihat aplikasi berjalan seperti WhatsApp atau LINE. Anda akan menemukan aplikasi yang tidak digunakan tetapi tetap berjalan. Nah, aplikasi itulah yang yang digunakan oleh pengiklan. Jika sudah ditemukan, Anda bisa menghapus aplikasi tersebut. Kalau iklan masih saja muncul, maka lakukan langkah yang sama beberapa kali untuk mencari aplikasi yang mencurigakan.

Nah, apabila kedua cara menghilangkan pop up iklan di Android tersebut telah Anda lakukan tapi tak kunjung berhasil. Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan format pada smartphone. Namun terkadang tidak berhasil juga, tergantung dari jumlah iklan yang sudah tersebar. Satu satunya jalan yaitu flash ulang OS android tersebut. Hal ini sudah kami bahas pada user Asus Zenfone Max pro M1 pada artikel sebelumnya. Silahkan klik alamat ini untuk membaca lebih lanjut jika anda penasaran. Demikian, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel