2 Cara Print Lewat HP Android Via Wifi dan Bluetooth Tanpa Ribet Untuk Semua Jenis Printer

Smartphone Android Anda ternyata tak hanya bisa digunakan untuk sekedar bermain game atau untuk berkomunikasi dan bersosial media lho. Kini dengan semakin majunya teknologi pada Sistem Operasi Android, melakukan print dokumen dengan smartphone Android Anda bukanlah hal yang mustahil. Anda tak harus lagi membuka komputer/laptop.

Dengan semakin canggihnya printer yang support dengan wifi maupun bluetooth, kini Anda bisa dengan mudah mencetak dokumen dari ponsel tanpa memerlukan kabel atau USB seperti printer pada umumnya. Lalu bagaimanakah cara print lewat HP Android Via Wifi? yuk simak beberapa cara berikut ini:

1. Print Lewat Android Via Wifi

Karena tidak menggunakan kabel, maka Anda membutuhkan aplikasi untuk menghubungkan ponsel Anda dengan printer. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa dengan sangat mudah Anda temukan di Playstore. Beberapa aplikasi tersebut seperti StarPrint-Mobile Print App, PrinterShare dan lain-lain. Adapun cara ngeprint lewat HP Android via wifi, yaitu:

- Download terlebih dahulu aplikasi PrinterShare di Google Playstore
- Sebelum melanjutkan cara print lewat HP Android via wifi, pastikan perangkat Android Anda sudah terkoneksi dengan wifi yang sudah terhubung dengan printer yang akan digunakan
- Kemudian, setelah aplikasi  PrinterShare diinstall, bukalah aplikasi tersebut dan setelah muncul halaman pertama, klik “Continue”
- Karena belum pernah terkoneksi dengan printer manapun, Anda perlu melakukan setting awal terlebih dahulu untuk mencari printer yang akan digunakan dengan klik “Select”
- Kemudian pada Select Printer klik “Nearby Wifi”
- Cara print lewat HP Android via wifi selanjutnya yakni dengan menunggu proses scanning untuk mendeteksi perangkat printer terdekat
- Setelah itu akan muncul peringatan yang mengharuskan Anda untuk memasang driver printer, lalu pilih saja tombol “Yes”
- Jika sudah selesai pemasangan driver printernya Anda sudah bisa menggunakan perangkat Android Anda untuk mencetak dokumen
- Buka dokumen dan jangan lupa untuk mengecek pengaturan ukuran kertasnya, lalu tab menu “Print” pada bagian kiri atas layar ponsel.

2. Print Lewat Android Via Bluetooth

Sebenarnya tak hanya melalui wifi, Anda juga bisa mencetak dokumen Anda langsung dari perangkat Android via Bluetooth. Nah, berikut cara print lewat HP Android via Bluetooth:

- Unduh dan install aplikasi PrinterShare terlebih dahulu
- Kemudian buka aplikasi tersebut dan klik “Continue”
- Setelah itu, klik Select pada printer yang akan Anda gunakan
- Selanjutnya pilih “Nearby Bluetooth”
- Kemudian pilih “Scan for Printer” untuk mendeteksi printer terdekat
- Klik printer yang akan Anda gunakan, lalu atur ukuran kertas, dan klik “OK”

Apapun itu jenis printer dan perangkat Android Anda, selama printernya sudah support dengan fitur wifi dan bluetooth, maka cara print lewat HP Android via wifi akan sangat mudah dan lebih praktis, karena Anda tidak perlu lagi membawa Laptop atau menghubungkan dengan kabel untuk mencetak dokumen. Selamat mencoba ya dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel