Begini Cara Menghubungkan Android Ke TV Tanpa Kabel dan Tanpa Ribet

Sejatinya televisi (TV) dan perangkat Android merupakan 2 perangkat yang berbeda, baik dari bentuk maupun fungsinya. Akan tetapi, kini dengan semakin berkembangnya teknologi, bahkan Sistem Operasi Android pun sudah support untuk perangkat televisi. Benar benar tidak habis pikir bukan? 

Namun televisi yang bisa kompatible dengan perangkat Android tentunya adalah televisi-televisi pintar yang didukung oleh fitur untuk mengubungkannya dengan Android. Nah, bagi Anda yang ingin menghubungkannya, Anda bisa melakukan cara menghubungkan Android ke TV dengan atau tanpa kabel berikut ini:

1. Menghubungkan Android Melalui Kabel


Cara menghubungkan Android ke TV dengan USB atau kabel bisa dikatakan cara yang paling mudah. Karena pada cara ini Anda tidak akan memerlukan bantuan aplikasi atau fitur lain dari perangkat Android Anda. Nah, cara menghubungkan Android ke TV dengan kabel HDMI atau HML, yakni sebagai berikut:

- Tekan tombol on/off terlebih dahulu untuk mematikan TV Anda
- Kemudian hubungkan TV dengan perangkat Android dengan cara memasukkan ujung pipih kabel pada smartphone Android dan ujung yang lebih besar masukkan ke TV yang bertuliskan HDMI
- Setelah itu, nyalakan kembali TV Anda, lalu pindahkan saluran pada opsi HDMI
- Sementara itu, pada perangkat Android Anda klik “HDMI Connection”
- Kini, tampilan layar pada perangkat Android pun bisa Anda lihat dari TV

2. Menghubungkan Android ke TV Tanpa Kabel

Selain dengan kabel, Anda juga bisa melakukan cara menghubungkan Android ke TV tanpa kabel dengan sangat mudah. Namun untuk menyambungkannya Anda memerlukan fitur Miracast ataupun fitur Wireless Display pada perangkat Android Anda. Sebenarnya cara setting untuk menghubungkannya berbeda pada setiap merk TV maupun Android yang Anda gunakan.

Tapi sebagai contoh, berikut cara menghubungkan Android ke TV LG dan perangkat Android LG Optimus:

a. Pada TV LG
- Tekan Home yang berada pada remote kontrol
- Kemudian pilih “Network”, lalu pilih “Miracast” dan tekan “ON” untuk mengaktifkan
- Setelah itu, TV akan melakukan scanning pada perangkat Android, jadi jangan lupa untuk segera mengaktifkan Miracast pada Android Anda

b. Pada Perangkat Android LG Optimus
- Masuk pada menu Settings, lalu klik “More” pada Wireless and Network
- Kemudian klik “Miracast” dan tunggu hingga beberapa saat untuk melihat perangkat TV Anda
- Selanjutnya klik nama perangkat TV Anda

Oh ya, ada cara menghubungkan Android ke TV lainnya jika kedua cara di atas gagal, Anda bisa mencoba menghubungkannya melalui bantuan fitur dan aplikasi, seperti AllShare, Airplay, Wi-Di, serta masih banyak lagi. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel