Iklan dibawah navigasi

Trik Mudah 2 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Android Tanpa Harus Menghapus Data

Pada ponsel yang memakai Sistem Operasi Android, tentu di dalamnya sudah terdapat banyak bloatware atau aplikasi bawaan. Tapi terkadang, aplikasi-aplikasi bawaan tersebut dirasa “kurang perlu” oleh sejumlah penggunanya.

Selain itu, aplikasi bawaan tersebut juga  akan memakan banyak memori internal. Oleh karena itu, pada beberapa pengguna ingin mengurangi atau menghapus aplikasi tersebut. Bagi Anda yang ingin menghapus bloatware tersebut, Anda bisa melakukan 2 cara menghapus aplikasi bawaan Android berikut ini:

1. Menghapus Bloatware Tanpa Root

Salah satu cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak seluruh data pada ponselnya tersebut. Tapi sebelum itu, Anda memerlukan aplikasi khusus untuk menghapus bloatware tersebut. Anda bisa mencari aplikasi tersebut dengan mudah di Google PlaysStore.

Berikut cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan aplikasi CCleaner yang bisa Anda lakukan cukup dengan ponsel Anda:

- Pertama download terlebih dahulu aplikasi CCleaner di Playstore, lalu installah aplikasi tersebut
- Setelah itu, bukalah aplikasi Ccleaner dan selanjutnya tap pada simbol 3 garis yang terletak di pojok kiri atas

- Kemudian klik “App Manager” 
- Setelah itu pilihlah menu “System”, lalu klik icon bergambar tong sampah

- Selanjutnya akan muncul peringatan bahwa menghapus aplikasi bawaan akan menyebabkan masalah nantinya. Jika Anda ingin melanjutkan cara menghapus aplikasi bawaan Android, maka tekan “Continue”

- Kemudian pilihlah bloatware mana saja yang akan Anda hapus, dan tap “Uninstall”.


2. Menghapus Bloatware Dengan PC

Selanjutnya jika cara menghapus bloatware dengan smartphone tidak berhasil, Anda bisa melakukan cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan PC ataupun laptop, seperti berikut ini:

- Unduh lalu install aplikasi Debloater dan aplikasi Driver ADB terlebih dahulu
- Kemudian aktifkan “Developer Mode” pada Android Anda lalu hubungkan Android Anda dengan PC melalui kabel USB
- Setelah aplikasi Debloater dibuka, pastikan terdapat pemberitahuan “Sync” dan “Device Connected pada sudut kiri bawah layar PC Anda, dimana pemberitahuan tersebut menandakan bahwa PC dan perangkat Android Anda sudah terkoneksi
- Cara menghapus aplikasi bawaan Android selanjutnya yakni dengan klik tombol “Read Device Packages” yang berada di status bar bagian kiri atas layar PC
- Setelah itu, pilih aplikasi mana saja yang akan di hapus pada daftar aplikasi yang ditampilkan
- Untuk menghapusnya, pilih file “APK” lalu klik “Apply”.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Iklan yang Muncul Tiba-Tiba di Android Tanpa Aplikasi, Cuman 3 Menit!

Nah, sebelum melakukan cara menghapus aplikasi bawaan Android, tak ada salahnya jika Anda memahami penting tidaknya bloater tersebut pada ponsel Anda. Oh ya, jika cara-cara tersebut tidak berhasil, Anda juga bisa melakukannya dengan cara Factory Reset.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel