Cara Mudah Membuat CV yang Menarik dan Diterima oleh Perusahaan

CV atau Curriculum Vitae memang menjadi salah faktor penentu apakah kamu disukai ataupun menjadi kriteria dari HRD perusahaan. Selain dari penampilan kamu, tentu HRD juga ingin melihat apakah kamu benar benar serius dalam melamar perusahaan yang kamu sukai. Maka tidak jarang orang berlomba lomba ingin membuat CV yang keren dan menarik serta terlihat lebih profesional.

Nah untuk kamu yang fresh graduate ataupun pemula dalam membuat CV pasti akan kebingungan bagaimana cara membuat CV yang menarik, mungkin salah satu diantara kamu sudah ada yang pernah membuat CV dari tugas matakuliah yang kamu ambil. Namun jika belum pernah membuat sama sekali, bagaimana? disini kita akan membahas caranya.

Saya sendiri pernah mencari di beranda google situs yang menyediakan pembuatan CV secara online, karena menurut saya lebih praktis selain itu juga bisa menghemat waktu dan tentunya tidak kalah keren dengan membuat CV diaplikasi. Setelah browsing sana sini, saya banyak mendapati situs yang berbayar untuk membuat CV, dan akhirnya saya pun menemui yang versi gratis. Situs tersebut adalah www.novoresume.com


Cara Membuat CV yang keren dan Menarik

Pertama-tama kalian harus mengunjungi ke novoresume. Seperti biasa, kamu diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu agar bisa menikmati fitur dari novoresume. Nah setelah mengisi akun email, biasanya akan dikirim verifikasi ke email, jika tidak ada lanjut saja. Setelah itu kamu login dan klik "My Documents" atau create CV. Lalu dibagian atas ada pilihan Templates, disana ada 3 pilihan terserah kamu mau pilih yang mana.


Setelah itu kamu tinggal mengkustomisasi tampilan CV kamu agar terlihat menarik dan membuat si HRD perusahaan menilai bahwa kamu profesional.


Disini saya memilih yang versi template Proffesional dan fitur fitur yang ditawarkan dari novoresume diantaranya kolom :

- Nama
- Alamat email
- Nomor handphone
- Alamat rumah
- Tanggal lahir
- Pengalaman kerja/experience
- Riwayat pendidikan
- Skill atau kemampuan individu
- Prestasi ketika di akademis
- Referensi

Setelah kamu membuat dan mengisi kolom kolom yang tersedia, tugas kamu selanjutnya adalah mengunduh CV tersebut. Lihat gambar dibawah ini 


Perlu kamu ketahui bahwa file yang akan terunduh adalah format pdf. Jika kamu ingin mengubah formatnya, maka bisa mengunjungi situs yang menyediakan convert file secara online.

Nah tentunya kekurangan dari versi gratisan ini adalah kita tidak bisa custom layout pada template yang kita inginkan. Akan tetapi layout versi gratis dari novoresume ini sudah cukup menarik bagi saya ketimbang situs lain yang memang mewajibkan kamu membayar pertama kali pada saat ingin membuat CV.

Sekian dari tutorial saya untuk membuat CV yang keren dan menarik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memacu semangat kamu dalam bekerja dan melamar pada perusahaan yang anda minati. AMIN

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel