Iklan dibawah navigasi

Baca dulu ini Gambar Tangan Manusia Beserta Fungsi masing-masing bagiannya

Gambar Tangan Manusia Beserta Fungsi Setiap Bagiannya

Satu diantara anatomi badan manusia yg unik ialah tangan. Diperlukan kesesuaian serta kendali yg pas supaya tangan Anda bisa lakukan manfaatnya dengan baik. Ya, tangan mempunyai manfaat yg begitu penting utk mendukung kehidupan Anda keseharian dari mulai membawa barang, meredam benda, memegang, dan lain-lain. Utk memperoleh keterangan singkat mengenai gambar tangan serta manfaat tiap-tiap bagiannya, baca penjelasan berikut ini.

Gambar tangan bersama manfaatnya

Susunan gambar tangan manusia bisa dibagi jadi beberapa kelompok yg mencakup:

1. Tulang serta sendi 


gambar tangan tulang tangan 

Ada 27 tulang di pergelangan tangan serta telapak tangan Anda. Disaksikan dari gambar tangan diatas, di pergelangan tangan tersebut ada delapan tulang kecil yg dimaksud karpal (carpals). Karpal di dukung oleh dua tulang lengan bawah, tulang pengumpil (radius), serta tulang hasta (ulna) membuat sendi pergelangan tangan.

Metacarpal ialah tulang panjang di tangan yg tersambung ke karpal serta phalanges (tulang jari). Sisi atas metacarpal membuat buku-buku jari yg masuk dengan pergelangan tangan. Disamping telapak tangan, metacarpal tertutupi dengan jaringan ikat. Ada lima metacarpal yg membuat telapak tangan. Anda bisa rasakan serta memandangnya saat mengepalkan tangan.

Tiap-tiap metacarpal tersambung ke tulang phalanges, yakni tulang-tulang jari. Ada dua tulang jari di tiap-tiap ibu jari serta tiga tulang jari di semasing jari yang lain (jari telunjuk, jari tengah, jari manis, serta jari kelingking). Kita bisa memandangnya lewat ruas-ruas jari tangan.

Sendi engsel yg tercipta diantara tulang jari serta metacarpal membuat Anda lebih fleksibel menggerakkan jari-jari serta memegang suatu. Sendi ini dimaksud sendi metacarpophalangeal (sendi MCP).

2. Otot 


gambar tangan - otot tangan 

Otot yg kerja di tangan bisa dibagi jadi dua grup, yakni:

Otot ekstrinsik. Otot ini terdapat di kompartemen depan serta belakang lengan bawah. Manfaat otot ini bermanfaat utk menolong meluruskan atau melenturkan pergelangan tangan.
Otot intrinsik. Otot intrinsik terdapat dibagian telapak tangan. Otot ini berperan utk memberi kemampuan saat jari jemari Anda lakukan pergerakan motorik halus. Motorik halus sendiri ialah potensi yg terkait dengan ketrampilan fisik yg menyertakan otot kecil serta pengaturan mata serta tangan, contohnya memegang, mencubit, mengepal, mencengkeram, serta beberapa gerakan yang lain yg dikerjakan oleh tangan.

3. Saraf 


gambar tangan -saraf tangan 

Saraf yg berada di selama lengan tangan serta jari-jari mulai menyatu di pundak. Semua saraf itu berjalan ke bagian tangan berdampingan dengan pembuluh darah. Saraf membawa tanda dari otak ke otot utk menggerakkan otot-otot di lengan, tangan, jari, serta jempol. Saraf pula membawa tanda kembali pada otak supaya Anda bisa rasakan sensasi seperti sentuhan, perasaan sakit, serta suhu.

Pada umumnya, tersebut gambar tangan bersama saraf serta manfaatnya:

gambar tangan - saraf radialSaraf radial berada di selama pinggir ibu jari sampai bagian lengan bawah dan membungkus ujung tulang radius serta punggung tangan. Saraf ini berperan memberi sensasi ke punggung tangan dari ibu jari ke jari ke-3.

gambar tangan - saraf ulnar median 

Saraf median melintang melalui susunan pada pergelangan tangan yg berupa terowongan yg dimaksud carpal tunnel (terowongan karpal). Saraf ini berperan utk menggerakkan ibu jari, jari telunjuk, jari tengah, serta 1/2 jari manis. Saraf ini pula mengirim cabang saraf utk mengatur otot-otot tenar jempol. Otot-otot tenar ini menolong menggerakkan jempol serta menyentuh bantalan jempol ke ujung semasing jari pada tangan yg sama. Pergerakan ini dimaksud dengan thumb opposition, alias oposisi jempol.

Sesaat saraf ulnaris ialah saraf yg ada di selama putaran belakang sisi dalam siku, tembus sela sempit pada otot lengan bawah. Saraf ini berperan utk menggerakkan jari sisi jari kelingking serta 1/2 jari manis. Cabang-cabang saraf ini pula memasok otot-otot kecil di telapak tangan serta otot yg menarik ibu jari ke telapak tangan.

4. Pembuluh darah 


gambar tangan pembuluh darah 

Ada dua pembuluh darah yg berada di lengan serta tangan Anda, yakni arteri radialis serta arteri ulnaris. Pembuluh darah paling besar di selama lengan serta tangan Anda ialah arteri radialis. Arteri ini membawa darah yg kaya oksigen dari jantung ke tulang pengumpil (radius) s/d ibu jari. Arteri radialis dapat Anda dapatkan serta rasakan pas di pergelangan tangan Anda. Sesaat pembuluh ulnaris ialah pembuluh darah yg membawa darah kaya oksigen dari jantung ke tulang hasta (ulna), sampai jari tengah, jari manis, serta kelingking.

Seperti yg tampak dari gambar tangan diatas, ke-2 pembuluh darah ini melengkung bersama dengan dalam telapak tangan, utk mensuplai darah ke sisi depan tangan, jari, serta ibu jari. Arteri lainnya berjalan melewati sisi belakang pergelangan tangan utk mensuplai darah ke sisi belakang tangan, jari, serta ibu jari.

5. Ligamen serta tendon 


gambar tangan tendon ligamen 

Ligamen ialah jaringan keras yg menyambungkan pada tulang yg satu serta tulang yg yang lain dan memantapkan persendian tangan Anda. Dua susunan penting, yg dimaksud ligamen kolateral, diketemukan di ke-2 bagian semasing jari serta sendi ibu jari Anda. Manfaat dari ligamen kolateral ialah utk menahan pembengkokan ke samping yg tdk normal dari semasing sendi jari.

Sesaat tendon atau yg lebih diketahui dengan urat ialah beberapa kumpulan jaringan ikat yg memiliki serat kuat serta melekat pada otot. Tendon mempunyai manfaat utk menyambungkan jaringan otot dengan tulang. Tendon yg sangat mungkin tiap-tiap jari serta jempol utk diluruskan dimaksud tendon ekstensor. Sesaat tendon yg sangat mungkin tiap-tiap jari menekuk dimaksud fleksor.

Susunan tangan yg terlihat dari gambar tangan diatas tunjukkan begitu susah serta kompleksnya anggota badan yg satu ini. Permasalahan yg berlangsung di bagian kecil tangan mungkin bisa menganggu manfaat tangan keseluruhnya. Utk itu, memerhatikan semua kegiatan yg dikerjakan oleh tangan dengan berhati-hati penting dikerjakan utk bisa mengawasi manfaatnya masih normal.

Masalah pada tangan 


Gambar tangan diatas tunjukkan jika anggota badan satu ini demikian kompleks. Walau mempunyai manfaat serta pekerjaannya semasing, tetapi tiap-tiap sisi tangan terkait keduanya Oleh karena itu, bila ada satu atau bagian-bagian tangan alami masalah, maka berefek langsung pada potensi Anda utk beraktivitas keseharian.

Tersebut beberapa situasi umum yg dapat merubah tangan, entahlah itu itu persendian, tulang, atau bahkan juga jaringan lunak di sekelilingnya.

1. Kelainan stuktur tulang serta jari 



Sumber: Ticinohealth.ch
Kontraktur Dupuytren adalah satu diantara contoh kelainan bentuk tangan serta jari yg seringkali berlangsung. Situasi ini diikuti dengan munculnya tonjolan keras yg tumbuh di ligamen pada telapak serta jari tangan. Bila didesak, tonjolan kadang berasa ngilu. Jari manis serta kelingking adalah dua jari yg seringkali terserang. Situasi ini dapat berlangsung pada satu bagian tangan atau bahkan juga ke-2 tangan dengan bertepatan.

Sampai sekarang ini, pemicu kontraktur Dupuytren belum didapati. Tetapi, dalam banyak masalah, situasi ini karena disebabkan terdapatnya kisah keluarga, cedera tangan, atau situasi medis tersendiri, seperti diabetes, epilepsi, serta infeksi HIV. Dibandingkan wanita, pria paruh baya atau lansia lebih mungkin alami kontraktur Dupuytren.

Walau bukan penyakit yg menyebar serta meneror kehidupan, situasi ini bisa mengakibatkan kecacatan. Ya, bila dilewatkan tanpa ada penyembuhan yg pas, kontraktur Dupuytren dapat mengakibatkan jari tangan bengkok. Jari tangan yg sudah terburu bengkok membuat penderitanya susah atau bahkan juga tdk dapat menggerakan tangannya sendiri. Oleh karena itu, bila situasi ini mesti selekasnya diobati supaya tdk mengakibatkan kecacatan di masa datang.

Kelainan bentuk tangan ini dapat ditangani dengan pemakaian belat ortopedi, fisioterapi, atau therapy fisik yang lain. Tetapi, dalam masalah yg kronis, pembedahan mungkin dibutuhkan utk melakukan perbaikan susunan tangan yg alami masalah.


2. Infeksi tangan serta jari 


Bergantung sebabnya, infeksi di tangan serta jari dapat dikarenakan oleh beberapa hal. Tersebut beberapa yg sangat umum.

Paronikia

kuku bergelombang

Satu diantara infeksi yg dapat menyerangan jari tangan serta kaki Anda ialah paronikia atau cantengan. Situasi ini bisa karena disebabkan terdapatnya infeksi jamur, bakteri, atau parasit yg menumpuk dibawah kulit serta memunculkan peradangan.

Kadang, paronikia dapat juga berlangsung sebab Anda seringkali menggit kuku, kependekan memotong kuku, gunakan kuku palsu, atau kelamaan memakai sarung tangan yg lembap.

Kuku yg alami infeksi akan terlihat abuh, meradang, serta berasa ngilu. Kulit di seputar kuku dapat lembap serta berlendir. Bila tdk diatasi dengan pas, situasi ini bisa memmbuat kuku mengeras serta rusak. Bahkan juga lebih parahnya , situasi ini dapat mengakibatkan kuku Anda copot.

Oleh karena itu, Anda butuh selekasnya menangani situasi ini sebelum gejalanya makin kronis.

Infeksi selubung tendon

jari keseleo

Seperti yg telah diterangkan diatas, tendon adalah jaringan yg menepel di otot. Tiap-tiap kegiatan yg Anda kerjakan semua menyertakan pergerakan tendon di persendian. Walau keras, tendon dapat juga alami rusaknya sebab sering dipakai, infeksi bakteri, atau cedera.

Tenosynovitis adalah satu bentuk permasalahan tendon yg sangat umum. Situasi ini berlangsung saat selubung tendon (synovium) yg membentang di selama sisi dalam tangan serta jari Anda alami peradangan. Kantong nanah (abses) dapat tercipta dibagian selubung tendon hingga mengakibatkan pembengkakan serta perasaan sakit mengagumkan dibagian jari-jari tangan yg terinfeksi. Perasaan sakit yg diakibatkan mungkin membuat Anda kesukaran atau bahkan juga tdk dapat benar-benar menggerakkan jari-jari Anda.

Bergantung pemicu yg mendasarinya, infeksi di tangan dapat diobati dengan minum obat antibiotik dengan oral (mulut). Dokter mungkin saja akan memberi antibiotik lewat vena (pembuluh darah). Dalam masalah yg kronis, kadang pembedahan dapat juga dikerjakan utk menangani infeksi di tangan serta jari-jari tangan Anda.

3. Masalah saraf tangan 


Dari beberapa gambar tangan diatas, bisa didapati jika tangan Anda tersusun dari bayak saraf. Jumlahnya saraf yg berada di selama lengan sampai tangan membuat ruang itu rawan alami permasalahan. Carpal tunnel syndrome serta cubital tunnel syndrome ialah beberapa masalah saraf sangat umum yg dapat menyerang tangan Anda.

Carpal tunnel syndrome

tangan mati perasaan

Carpal tunnel syndrome ialah situasi yg mengakibatkan pergelangan serta jari tangan Anda alami mati perasaan, kesemutan, atau perasaan sakit yg intensif seperti ditusuk-tusuk jarum. Ibu jari, jari tengah, telunjuk, serta ruang telapak tangan adalah sisi yg seringkali berasa ngilu.

Situasi ini karena disebabkan penyempitan terowongan carpal (carpal tunnel) karena pergelangan tangan membengkak. Nah, perasaan ngilu sendiri karena disebabkan terowongan kapal yg mengecil mendesak saraf median, yakni saraf yg mengatur indra perasa serta gerakan pergelangan tangan serta tangan Anda.

Carpal tunnel syndrome biasanya dihadapi oleh orang yg lakukan pergerakan berulangan pada ke-2 tangannya dalam tempo yg lama, contohnya tukang tulis, kasir, tukang daging, petugas kebersihan, pemain game profesional, serta pekerja yang lain.

Cubital tunnel syndrome

siku hiperekstensi

Cubital tunnel syndrome ialah situasi saat saraf di siku, yg dimaksud saraf ulnar, berasa sakit saat didesak. Situasi ini karena disebabkan terdapatnya desakan berlebihan pada saraf di siku, lengan, atau pergelangan tangan. Anda dapat alami situasi ini sebab beraktivitas fisik yg intensif atau alami bentrokan berkali-kali dibagian siku. Situasi ini dapat dihadapi pada kebanyakan orang, tetapi orang yg alami obesitas lebih beresiko tinggi.

Baik carpal tunnel syndrome ataupun cubital tunnel syndrome bisa diobati dengan penyembuhan pola hidup simpel. Contohnya utk menurunkan tanda-tanda carpal tunnel syndrome, Anda dapat memakai bantalan penyangga pergelangan tangan waktu menulis. Sesaat utk menangani cubital tunnel syndrome, Anda dapat memakai bantalan serta penyangga siku pada malam hari. Diluar itu, hindari melipat siku dalam tempo yg lama (misalnya saat menelepon) pula efisien utk memudahkan tanda-tanda cubital tunnel syndrome.

Pilihan penyembuhan yg dapat dicoba

Pada intinya, pilihan penyembuhan utk menangani beberapa masalah tangan yg telah dijelaskan diatas bergantung pada sebabnya. Bila karena disebabkan kelainan susunan tulang atau cedera, jadi penyembuhan seperti pemasangan bebat, fisioterapi, atau therapy fisik yang lain jadi pilihannya.

Bila ngilu yg Anda alami demikian hebat, Anda dapat konsumsi obat pereda ngilu tanpa ada resep dokter yg banyak di jual di apotek atau toko obat. Namun sebelum memakai obat pereda ngilu, yakinkan jika Anda membaca ketentuan bajunya dengan cermat utk hindari resikonya obat.

Mekanisme operasi umumnya dikerjakan bila beberapa penyembuhan itu tdk pula membawa hasil yg positif. Dengan operasi, Anda umumnya bertambah cepat sembuh. Walau demikian, Anda mungkin diwajibkan beristirahat saat paling tidak 6 minggu utk percepat pengobatan serta hindari tanda-tanda baru.

Panduan simpel utk membuat perlindungan tangan

Sesudah tahu susunan gambar tangan, langkah kerja, dan beberapa masalah yg mungkin berlangsung, penting buat Anda utk mengawasi dan membuat perlindungan organ penting satu ini. Beberapa langah simpel yg dapat Anda kerjakan utk membuat perlindungan tangan salah satunya:

Hindari kegiatan tangan yg begitu berat serta berulang
Mengawasi kebersihan ruang tangan serta antara jari, sehinga resiko infeksi dapat dihindari
Tetap waspada saat melakukan tindakan utk menahan berlangsungnya cedera atau trauma di tangan dan jari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel