Iklan dibawah navigasi

Bagi Anda gatal selangkangan!! ini 5 Penyebabnya dan Cara Mengatasinya



Selangkangan yg gatal dapat begitu menjengkelkan. Tetapi menggaruk cuma membuat situasinya lebih jelek. Utk menentramkan kulit peka di daerah selangkangan, kamu butuh mencari tahu apa yg ada dibalik perasaan gatal itu.

Bila tdk teratur mengawasi kebersihan daerah genital akan membuat daerah itu berkeringat serta lembab. Diluar itu, terdapatnya rambut kemaluan membuat keringat, sel kulit mati, serta kuman rawan berkembang. Perihal ini pula yg menyebabkan orang alami gatal di selangkangan.


1. Infeksi jamur

Selangkangan adalah tempat sangat empuk utk jamur berkembang secara cepat sebab lembap serta hangat. Biasanya pemicu gatal di selangkangan adalah akibatnya karena infeksi jamur dibagian terluar dari kulit, khususnya di daerah selangkangan.

Tinea cruris adalah infeksi dermatofit pada daerah selangkangan yg biasa diketahui kurap. Dalam banyak masalah, kehadiran jamur tdk beresiko. Namun, jamur ini dapat berkembang secara cepat serta mengakibatkan infeksi saat daerah yg tinggalinya hangat serta lembap.

Berikut penyebabnya, kenapa kurap seringkali tampil di kulit di seputar selangkangan, paha sisi dalam, serta pantat. Penyakit ini begitu menyebar dari satu orang ke orang yang lain lewat kontak langsung lewat kulit. Diluar itu, share handuk dengan orang yg terinfeksi serta jarang mandi dapat juga tingkatkan kamu terserang infeksi ini.

SOLUSI: Bila pemicu gatal di selangkangan ialah sebab infeksi jamur, kamu bisa mengobatinya dengan memakai cream atau salep kulit antijamur tanpa ada resep dokter yg dapat diketemukan di apotek atau toko obat.

Pakai cream antijamur atau bubuk yg memiliki kandungan terbinafine, miconazole, clotrimazole atau butenafine. Cream antijamur ini bisa menolong menantang jamur yg mengakibatkan selangkangan gatal. Diluar itu, pemakaian cream zinc, seperti Destin bisa menurunkan perasaan gatal.

2. Intertigo

Intertrigo satu peradangan di kulit yg tampil di pada lipatan kulit. Situasi ini dikarenakan oleh bakteri serta jamur yg semestinya tdk menempel pada kulit.
Peradangan kulit ini bisa diperburuk oleh beberapa unsur seperti kelembaban, cuaca panas, minimnya perputaran hawa

Ruang yg alami intertrigo terlihat kemerahan atau kecokelatan, ruam besar pas di lipatan yg dipisahkan dengan segaris putih. Kulit kamu pula mungkin terlihat kering serta berkecak, sangat terasa gatal, bahkan juga sampai keluarkan berbau tidak enak yg berlainan dari berbau tubuh umumnya.

SOLUSI: Langkah mengobatinya, kamu dapat beli cream antibakteri seperti neosporin serta cream antijamur, seperti Lotrimin, bisa menjaga bakteri serta jamur. Serta cream seng, seperti Desitin, membuat perlindungan kulit dari semakin banyak gosokan. Bila ruam bersambung saat satu sampai dua minggu, pergilah ke dokter kulit Anda

3. Dermatis kontak

Dermatis kontak dapat merubah anggota badan mana saja termasuk juga pangkal paha kamu. Ada dua type dermatitis kontak, yakni alergi serta iritasi. Dermatitis kontak alergi muncul pada beberapa orang yg peka pada zat tersendiri yg tdk beresiko. Ini bisa berlangsung saat seorang alami kontak dengan sabun, sampo, serta bahkan juga deterjen.

Sedang dermatitis kontak iritasi, saat kulit alami iritasi dari satu zat walau tdk mempunyai alergi pada zat tersendiri. Iritasi dapat beragam dari mulai keringat, urin, kotoran, kosmetik, sampai perhiasan. Biasanya gatal karena dermatitis kontak tdk kronis, tetapi bisa mengganggu.

SOLUSI: Tanyakan dengan dokter.


4. Iritasi

Gesekan kulit pada paha serta selangkangan waktu kamu lari atau berjalan bisa mengakibatkan kulit paha jadi peka serta meradang. Bila kamu menggosok atau menggaruk daerah yg gatal, ini akan mengakibatkan peradangan pada susunan luar kulit hingga membuat kulit jadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal serta bahkan juga bersisik.

Ruam kemerahan ini pula akan membuat kamu tdk nyaman waktu menggunakan gaun, rok, atau celana. Khususnya bila saat itu cuaca tengah panas-panasnya. Bila tdk selekasnya diobati, kulit yg basah serta lembap karena keringat bisa membuat lecet makin kronis.

SOLUSI: Supaya tdk iritasi jauhi menggunakan baju ketat (seperti celana jeans) saat melakukan aktivitas, ditambah lagi dalam periode waktu yg lumayan lama. Pasalnya celana jeans yg ketat bisa mengakibatkan munculnya gesekan pada selangkangan serta organ genital. Jadi tidak bingung, jika organ genital jadi mudah lecet, gatal, serta memerah bila gunakan celana jeans yg kelamaan.

5. Kutu Kemaluan

Kutu ialah parasit yg dapat mengakibatkan kulit gatal. Bila alami perasaan gatal, iritasi, serta muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan, bisa saja kamu terserang kutu kemaluan.

Kutu kelamin alias Phthirus pubis ialah serangga parasit kecil yg hidup di rambut kasar manusia, diantaranya rambut kemaluan. Kutu kemaluan bila disaksikan memakai kaca pembesar tampak seperti kepiting, memiliki ukuran seputar 1-2 milimeter, serta berwarna kekuningan, abu-abu, atau kecoklatan.

Bila terserang kutu kelamin, maka seringkali rasakan gatal di selangkangan yg kronis. Perasaan gatal ini biasanya lebih buruk pada malam hari saat kutu lebih aktif serta mengonsumsi darah manusia.

SOLUSI: Kamu dapat menghilangkan kutu kelamin dengan sabar. Cara ini dikerjakan lewat cara rajin bersihkan diri pribadi serta beberapa barang pribadi yg terkontaminasi. Pilihan losion serta shampo yg didesain utk membunuh kutu. Umumnya shampo antikutu ini banyak di jual di market atau toko obat. Tetapi ingat, tetap lihat ketentuan gunakan yg tercantum pada cap paket.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel