Iklan dibawah navigasi

Begini Cara Mengukur Persentase Lemak Tubuh tanpa menggunakan Alat

Bagaimana Cara Mengukur Persentase Lemak Tubuh Tanpa Alat?



Lemak badan tdk dapat disaksikan dari ukuran atau bentuk tubuh seorang, karena tdk kebanyakan orang kurus bebas dari lemak. bisa jadi di badan seorang yg kurus, ada tumpukan lemak yg tdk mereka sadari – sebab cuma lihat ukuruan badan yg kecil. Lemak pada umumnya memang dibutuhkan oleh badan, khususnya sbg cadangan daya. Tapi, hadirnya yg kebanyakan di badan tentunya akan membahayakan kesehatan Anda. 

Sudah banyak riset yg menunjukkan jika kandungan lemak yg banyak sekali di badan mengakibatkan penyakit jantung, diabetes mellitus, mengganggu manfaat hati. Oleh karenanya, penting buat Anda utk memonitor kandungan lemak yg ada di badan Anda. Lantas bagaimanakah cara mengukur lemak badan? Apa mesti memakai alat spesial? 

Bagaimanakah cara mengukur kandungan lemak badan? 

Memang, utk tahu kandungan lemak badan dengan tentu serta tepat, Anda mesti mempunyai perlengkapan spesial. Tetapi, bila Anda tdk memilikinya, janganlah sedih, Anda masih bisa tahu berapa banyak lemak badan Anda dengan memakai rumus perkiraan lemak badan. lantas bagaimana triknya? 

1. Mengkalkulasi indeks massa badan 

Pertama kali, yg Anda butuh sediakan ialah timbangan berat tubuh, alat ukur tinggi tubuh, alat catat utk mencatat, dan kalkulator. Awal mulanya, Anda mesti tahu dahulu nilai indeks massa badan (IMT) alias Bodi Mass Index (BMI) Anda. Indeks massa badan ialah ukuran standard status gizi seorang disaksikan dari tinggi dan berat tubuh. Setelah itu, yg butuh Anda kerjakan ialah mengukur tinggi tubuh serta berat tubuh dengan alat yg telah ada utk mengkalkulasi IMT. 

Tetapi bila Anda sudah tahu berat tubuh dan tinggi tubuh Anda waktu itu, Anda dapat langsung tahu besaran IMT yg dapat disaksikan rumusnya di sini. Atau Anda pun langsung bisa tahu IMT Anda dengan menghitungnya dengan memakai kalkulator online. 

2. Mengkalkulasi kandungan lemak badan 

Berdasar pada rumus perkiraan yg didapat dari satu riset yg dimuat dalam British Journal of Nutrition, Anda dapat masukkan nilai IMT utk tahu kandungan lemak badan. berikut rumus perkiraan prosentase lemak di badan: 

Lelaki: (1,20 x IMT) + (0,23 x Umur) – 10,8 – 5,4 
Wanita: (1,20 x IMT) + (0,23 x Umur) – 5,4 
Contohnya, bila Anda seseorang wanita yg berumur 20 tahun serta mempunyai tinggi tubuh seputar 160 cm dan berat tubuh sampai 55 Kg, jadi IMT Anda ialah 21,4 m/kg2. Hingga bila dimasukkan ke rumus, didapat kandungan lemak badan Anda yakni 24,88%. Memang ini hanya rumus perkiraan, jadi belum pasti dapat tepat 100%. Tetapi dengan ini, Anda bisa tahu rata-rata kandungan lemak yg mengakibatkan semua lipatan di badan Anda. 

Berapakah prosentase lemak badan yg dipandang normal? 

Sebetulnya, angka % yg Anda temukan dari perhitungan itu mengisyaratkan berapa besar keseluruhan lemak yg Anda punya berbanding dengan semua organ dan cairan badan. Lemak alami yg dipunyai badan seputar 10-12% pada wanita serta 2-4% pada pria. Bekasnya, lemak-lemak itu Anda temukan dari makanan dan minuman yg Anda mengkonsumsi keseharian. 

Lantas berapakah % keseluruhan lemak yg normal yg dipunyai badan yg sehat? American Council memastikan batas normal dari % lemak badan sbg tersebut: 

Atlet, memiliki keseluruhan lemak seputar 14-20% pada atlet wanita serta 6-13% pada atlet lelaki 
Orang yg seringkali olahraga, tetapi bukan atlet umumnya mempunyai kandungan lemak sebesar 21-24% pada wanita serta 14-17% pada lelaki 
Orang yg jarang berolahraga tapi lemak totalnya masih tetap dipandang normal serta sehat bila mempunyai lemak sekitar 25-31% pada wanita serta 18-25% pada lelaki 
Sedang seorang telah dikatakan alami obesitas jika kandungan lemaknya telah melewati 32% utk wanita serta lebih dari 26% utk lelaki. Diluar itu, grup ini pun begitu rawan alami penyakit akut seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes mellitus, serta penyakit yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel