Iklan dibawah navigasi

Cara Menghilangkan Komedo hitam dan putih Agar Wajah Kembali Mulus

Ragam Cara Menghilangkan Komedo Putih dan Hitam Agar Wajah Kembali Mulus

Komedo adalah penyumbatan pada folikel rambut yg jadi sinyal awal timbulnya jerawat. Folikel yg terhalang berisi serpihan kulit, semacam protein kulit bernama keratin, dan sebum (minyak). Meskipun tdk termasuk juga dalam permasalahan kulit yg berat, bintik-bintik pada komedo begitu susah dibasmi hingga Anda mungkin butuh coba beberapa langkah menghilangkan komedo sebelum dapat temukan cara yg betul-betul efisien.

Permasalahan komedo bisa berlangsung pada siapapun, tetapi beberapa orang yg mempunyai kulit berminyak lebih rawan merasakannya. Pembentukan komedo juga dapat berlangsung di ruang muka, punggung, dada, leher, bahu, dan ruang kulit yang lain yg banyak menghasilkan minyak. Jika Anda perhatikan dengan baik, ada dua type komedo yg bisa muncul pada badan Anda, yaitu komedo hitam (blackhead) serta komedo putih (whitehead).

Lalu, apa pemicu serta langkah menghilangkan ke-2 type komedo ini? Tersebut penjelasan selengkapnya.

Langkah menghilangkan komedo sesuai dengan macamnya

pemicu komedo

Pada intinya, komedo tercipta saat folikel rambut Anda terhalang. Folikel ialah tempat bertumbuhnya rambut yg pun diketahui sbg pori-pori. Tiap-tiap folikel terbagi dalam sehelai rambut dan kelenjar sebasea yg menghasilkan sebum. Sebum adalah semacam zat berminyak dengan warna kuning jelas yg tersusun dari trigliserida, asam lemak, ester lilin, ester cholesterol, squalene, serta cholesterol. Manfaat penting sebum ialah mengawasi kulit serta rambut Anda masih lembut.

Keunggulan sebum dikeluarkan lewat bukaan pada pori-pori kulit Anda, tetapi minyak pada permukaan kulit Anda sebetulnya tdk cuma terbagi dalam sebum. Di sini, sebum sudah bercampur dengan keringat, sel kulit mati, lemak dari sel kulit, kotoran, dan beberapa bahan lainnya yg datang dari sekitar lingkungan.

Kombinasi sebum, kotoran, dan sel kulit mati bisa menumpuk serta menutup pori-pori. Pori-pori terhalang yg masih terbuka akan membuat komedo hitam atau blackhead, sedang pori-pori terhalang yg tertutup pada akhirnya membuahkan komedo putih atau whitehead. Kedua-duanya mempunyai karakter sbg tersebut:

1. Komedo hitam

Komedo hitam tercipta lewat cara yg sama dengan komedo putih. Bedanya, pori-pori yg terhalang masih terbuka serta kotoran yg menutupnya terkena oleh hawa. Hawa lalu mengoksidasi kotoran penyumbat hingga membuat komedo terlihat gelap atau beralih warna jadi hitam.

Komedo hitam lebih gampang dibikin bersih jika dibanding dengan komedo putih. Langkah sangat simpel yg dipakai utk menghilangkan komedo ini dengan menekannya dari ke-2 sisinya. Walau demikian, Sebaiknya anda tdk memencet komedo hitam dengan asal-asalan utk hindari resiko infeksi.

2. Komedo putih

Bila kulit diatas pori-pori yg terhalang tutup, jadi tercipta komedo putih. Type komedo ini memiliki ukuran kecil, berupa padat, serta mempunyai warna putih atau kekuningan. Komedo putih umumnya tdk mengakibatkan peradangan, tetapi kulit bisa alami infeksi jika bakteri masuk ke komedo. Mengakibatkan, komedo alami peradangan serta berkembang jadi jerawat.

Berlainan dengan komedo hitam yg terbuka, komedo putih lebih susah dikeluarkan. Komedo yg berasa muncul jika diraba ini bahkan juga masih susah diekstraksi sekalinya memakai langkah yg sama dengan waktu pecahkan jerawat. Anda mungkin membutuhkan mekanisme spesial yg diperuntukkan utk memberantas komedo putih.

Langkah menghilangkan komedo hitam

skin care waktu hamil

Komedo hitam bisa ditangani dengan memakai beberapa produk tersendiri ataupun cara spesial yg diaplikasikan dengan cara langsung pada kulit. Tersebut misalnya.

1. AHA serta BHA

Asam alfa hidroksi (AHA) serta asam beta hidroksi (BHA) salah satu contoh eksfoliator terunggul utk kulit. Kedua-duanya kerja lewat cara mengelupaskan susunan paling atas kulit yg kusam sekaligus juga bersihkan pori-pori serta membuat kulit Anda terlihat lebih lembut. Pakai produk memiliki kandungan AHA atau BHA sekitar 1-2 kali dalam satu minggu.

2. Clay mask

Pemilik kulit berminyak begitu disarankan utk memakai clay mask. Masalahnya masker ini bisa menolong keluarkan kotoran, minyak, serta beberapa bahan lainnya yg menutup pori-pori. Beberapa macam clay mask pun diperlengkapi dengan kandungan belerang yg bisa menguraikan beberapa sel kulit mati pemicu komedo. Utk mendapatkan faedahnya, pakai clay mask sekitar 1x dalam satu minggu.

3. Obat jerawat yg di jual bebas

Obat jerawat yg di jual bebas biasanya memiliki kandungan asam salisilat, benzoil peroksida, serta resorcinol. Ketiganya kerja dengan membunuh bakteri, kurangi produksi minyak berlebihan, serta singkirkan beberapa sel kulit mati. Obat-obatan ini bisa berupa gel, cream, atau ditempel langsung pada kulit.

4. Obat spesial yg diresepkan

Dokter kulit bisa memberi resep obat-obatan yg lebih kuat bila langkah awal mulanya tdk cukuplah ampuh utk menghilangkan komedo. Contoh obat yg diresepkan dengan spesial utk menangani komedo diantaranya tretinoin, tazarotene, adapalene, serta obat memiliki kandungan vitamin A.

5. Pengeluaran komedo dengan manual

Beberapa macam komedo hitam kadang butuh dibikin bersih memakai tehnik tersendiri. Dokter kulit atau tenaga profesional yg memiliki pengalaman dengan permasalahan kulit umumnya memakai alat spesial berupa melengkung utk keluarkan komedo. Awal mulanya, mereka mesti membuat bukaan lebih dulu di seputar ruang ekstraksi.

6. Chemical peeling

Chemical peeling adalah langkah yg mempunyai tujuan utk menghilangkan sumbatan pada pori-pori serta buang beberapa sel kulit mati hingga muka Anda bersih dari komedo. Utk mengerjakannya, Anda membutuhkan produk spesial berupa cairan yg dioles-oleskan langsung pada kulit. Susunan paling atas kulit akan terkelupas, lantas tergantikan oleh susunan baru yg lebih halus serta bersih.

7. Therapy laser serta therapy sinar

Seperti namanya, therapy laser serta sinar dikerjakan dengan menyorotkan sinar pada kulit. Sorotan sinar itu bisa kurangi produksi minyak serta membunuh bakteri pemicu jerawat. Ke-2 therapy ini adalah langkah pilihan utk menghilangkan komedo serta jerawat tanpa ada mengakibatkan kerusakan susunan paling atas kulit Anda.

8. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi ialah mekanisme yg mempunyai tujuan utk mengupdate keseluruhnya struktur serta warna kulit. Tidak hanya dipakai utk menangani komedo, cara ini pun mempunyai tujuan utk menangani permasalahan kerutan, garis halus, bercak hitam, sisa luka, serta rusaknya yang lain. Mikroabrasi dikerjakan dengan menggosokannya alat spesial yg mempunyai permukaan kasar pada permukaan kulit Anda hingga komedo bisa terkikis.

Langkah menghilangkan komedo putih

skin care organik

Ada banyak produk yg seringkali dipakai utk menangani komedo putih. Tetapi, butuh dilihat jika Anda tdk dianjurkan utk memakai beberapa produk ini dengan sekaligus juga. Berikut type produk yg bisa jadi referensi utk Anda:

1. Asam salisilat

Asam salisilat bisa turunkan produksi minyak pada pori-pori, mengeringkan permukaan kulit, dan singkirkan beberapa sel kulit mati yg menutup pori-pori. Senyawa ini umumnya ada bisa produk toner serta astringen utk jerawat, dan beberapa macam cream serta gel pelembap muka.

2. Benzoil peroksida

Langkah lainnya utk menghilangkan komedo putih dengan memakai produk memiliki kandungan benzoil peroksida. Senyawa ini mempunyai manfaat mirip asam salisilat dan bisa menepis bakteri serta menurunkan peradangan. Sebab manfaat berikut, benzoil peroksida banyak dipakai dalam beberapa produk yg didesain utk menangani jerawat.

3. Cream retinoid

Vitamin A bisa menolong menangani komedo putih yg membandel, serta cream retinoid adalah satu diantara sumber terunggul vitamin ini. Anda bisa mendapatkan faedah retinoid dengan memakai cream perawatan muka yg berperan utk menahan penuaan. Butuh diingat jika cream retinoid akan membuat kulit lebih peka pada cahaya matahari, jadi jauhi paparan cahaya matahari langsung waktu Anda memakainya.

4. Pembersih muka memiliki kandungan eksfoliator

Scrub pada pembersih muka berbentuk sbg eksfoliator yg dapat singkirkan beberapa sel kulit mati. Langkah yg satu ini tdk cuma bermanfaat utk menghilangkan komedo, tetapi pun bisa membuat kulit Anda jadi lebih lembut. Waktu pilih produk pembersih muka, pilih produk yg memiliki kandungan scrub lembut memiliki ukuran kecil utk menahan iritasi serta kulit kering. Tetapi butuh diingat janganlah memakai scrub saat kulit Anda meradang.

Langkah menghilangkan komedo dengan bahan alami

faedah madu manuka obat jerawat alami

Beberapa orang lebih suka pada pemakaian beberapa bahan alami sebab dipandang tambah murah serta gampang didapat. Bila Anda termasuk juga diantaranya, jadi langkah tersebut mungkin bisa bermanfaat buat Anda:

1. Minyak tea tree

Minyak tea tree memiliki kandungan senyawa antiradang serta antimikroba hingga dipercaya bisa menangani permasalahan komedo. Langkah kerjanya dengan membunuh bakteri serta kotoran pemicu komedo yg menumpuk.

Minyak mendasar ini bisa dipakai dengan cara langsung di ruang yg memiliki masalah dengan komedo, termasuk juga muka tersebut hidung serta dagu. Atau, Anda pun dapat memakai produk sabun pembersih, masker, atau cream yg diperlengkapi dengan kandungan minyak mendasar ini.

2. Madu, lemon, serta brown sugar

Kombinasi yg terbagi dalam madu, perasan lemon, serta brown sugar ialah bahan scrub alami yg cukuplah ampuh bersihkan beberapa sel kulit mati dan menghilangkan komedo. Tdk susah utk membuat, karena Anda perlu mencampurkan satu sendok makan brown sugar, dua sendok makan perasan lemon, serta satu sendok makan madu murni.

Sesudah semua bahan tercampur dengan rata, berikan kombinasi bahan itu di wajah Anda dengan pergerakan melingkar. Pijat saat lima menit, lantas basuh muka Anda sampai bersih. Sesudah kering, berikan pelembap di wajah Anda.

3. Kunyit serta minyak kelapa

Langkah yg satu ini cukuplah punya potensi sebab kunyit memiliki kandungan senyawa antibakteri, antijamur, serta antiradang yg diperlukan utk menghilangkan komedo. Tetapi, kunyit pun mempunyai resikonya, yakni bisa membuat kulit terlihat berwarna kuning hingga Anda mesti jeli dalam memakainya.

Ambil satu sendok makan bubuk kunyit asli, lantas imbuhkan satu sendok makan air atau minyak kelapa. Campur kedua-duanya sampai rata serta teksturnya membuat pasta. Lalu, berikan pasta kunyit pada ruang kulit yg mempunyai komedo. Diamkan saat 10-15 menit, lantas basuh sampai bersih.

4. Putih telur serta madu

Masker yg terbuat dari putih telur serta madu bisa membuat perlindungan kulit Anda dari efek produksi minyak berlebihan, termasuk juga komedo. Putih telur pun bisa memperkecil pori-pori hingga tdk gampang terhalang oleh kotoran.

Cukuplah campur putih telur dari satu butir telur dengan satu sendok teh madu sampai rata. Lalu, berikan masker di wajah Anda. Sesudah masker jadi kering, membersihkan muka Anda dengan air hangat. Kerjakan langkah berikut sekitar 1-2 kali satu minggu utk menghilangkan komedo yg membandel.

5. Daun lidah buaya

Daun lidah buaya fresh berguna utk bersihkan pori-pori, menghaluskan kulit, dan kurangi produksi minyak berlebihan. Walau tdk dengan cara langsung berpengaruh pada komedo, tetapi pemakaian daun lidah buaya dengan teratur bisa menolong menangani sebabnya.

Anda perlu mempersiapkan daun lidah buaya fresh seperlunya. Mengeluarkan isi daun lidah buaya yg berbentuk gel bening serta berikan pada kulit muka Anda. Biarlah saat 10 menit, lantas membersihkan muka Anda dengan air bersuhu suam-suam kuku. Kerjakan dengan teratur sehari-hari utk memperoleh hasil maksimal.

Panduan menahan komedo muncul kembali

krim hn ialah

Buat sejumlah besar orang, obat-obatan serta produk perawatan kulit mungkin efisien utk memberantas komedo. Tetapi, Anda pun butuh lakukan usaha mencegah supaya permasalahan kulit ini tdk muncul kembali serta membuat usaha Anda menghilangkan komedo jadi percuma. Berikut beberapa strategi yg dapat Anda kerjakan.

Tdk menyentuh ruang kulit yg mempunyai komedo.
Tdk memencet atau coba keluarkan komedo.
Bersihkan muka dengan sabun memiliki bahan lembut serta air bersuhu suam-suam kuku sekitar 2x satu hari.
Tdk memakai scrub terlalu berlebih waktu bersihkan muka.
Tdk memakai pore strip atau produk semacam yg mempunyai tujuan utk keluarkan komedo dengan paksa.
Memakai produk perawatan kulit serta kosmetik bebas-minyak hingga tdk tutup pori-pori.
Cuma memakai produk eksfoliator sekitar 1x dalam satu minggu. Eksfoliator memang bisa bersihkan kulit Anda dari beberapa sel kulit mati yg menutup pori-pori, tetapi pemakaiannya terlalu berlebih malah bisa memunculkan iritasi sampai permasalahan jerawat.
Memakai tabir surya yg ditujukan buat muka. Tabir surya utk semua badan bisa tutup pori-pori.
Hindari paparan polusi hawa serta cahaya matahari yg terlalu berlebih.
Hindari pemakaian produk kosmetik, sabun bersihkan, ataupun produk pembersih sejenisnya yg bisa mengiritasi kulit.
Bersihkan make up dengan teratur.
Tdk memakai baju yg ketat. Pakailah baju longgar memiliki bahan nonsintetis seperti kapas.
Bersihkan hp, kacamata, serta sarung bantal dengan teratur supaya kulit terlepas dari minyak, bakteri, serta kotoran.
Mandi serta bersihkan rambut dengan teratur.
Komedo salah satu permasalahan kulit yg sangat banyak dihadapi beberapa orang. Sesudah diberantas sekalinya, bintik-bintik komedo pada kulit masih tetap dapat muncul kembali jika Anda tdk jeli mengawasi kebersihannya. Mengingat tiap-tiap orang mempunyai situasi kulit yg berlainan, langkah menghilangkan komedo yg sukses buat beberapa orang bisa jadi tdk cukuplah ampuh utk Anda.

Tetapi, janganlah cepat menyerah. Mengerti lebih dulu type komedo yg muncul pada kulit Anda serta apa yg jadi sebabnya. Langkah berikut akan menolong Anda temukan cara paling cocok utk menangani komedo yg membandel. Jika memang perlu, Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter kulit utk memperoleh perlakuan yg lebih efisien.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel