Iklan dibawah navigasi

Cari tahu nih!! Bahaya Daging Tumbuh (Polip) Dalam Hidung

Cari tahu nih!! Bahaya Daging Tumbuh (Polip) Dalam Hidung
Apa Anda alami pilek berkelanjutan? Atau hidung Anda berasa terhalang serta jadi sulit berrnapas? Mungkin Anda alami polip di hidung tanpa ada Anda tahu. Apa polip beresiko?

Apakah itu polip hidung? 


Polip hidung ialah jaringan tumbuh yg di lubang hidung atau berbentuk daging yg berkembang di lubang hidung. Daging yg tumbuh ini tdk beresiko, berbentuk jinak serta memiliki tekstur lunak. Polip di hidung dapat tumbuh pada satu diantara lubang ataupun di ke-2 lubang sekaligus juga yg umumnya dikarenakan oleh alergi yg dihadapi oleh seorang. Polip yg memiliki ukuran kecil tdk memunculkan tanda-tanda apa pun. Sedang polip yg memiliki ukuran besar bisa membahayakan sebab menutup aliran napas, mengganggu indera penciuman, dan dapat memunculkan penyakit infeksi.


Siapa yg paloing rawan terserang polip hidung? 


Diprediksikan polip terkena sekitar 4 sampai 40 % dari keseluruhan populasi. Polip dapat dihadapi oleh siapapun tetapi hasil dari survey didapati jika polip semakin banyak terkena lelaki dibanding dengan wanita serta pada grup dewasa yg berusia 40 tahun. Sesaat anak-anak yg berusia 10 tahun maupun kurang, begitu jarang alami perihal itu. Beberapa obat serta therapy bisa menolong menangani polip yg muncul, tapi kadang polip akan muncul kembali walau therapy telah sukses dikerjakan.


Apa beberapa ciri serta tanda-tanda polip hidung? 


Pasien polip hidung umumnya pula alami peradangan pada susunan hidung serta sinus yg telah berjalan lebih dari 12 minggu, atau akut. Bila Anda mempunyai polip dengan ukuran yg kecil mungkin tdk memunculkan tanda-tanda. Tapi jika polip tumbuh jadi membesar jadi bisa memunculkan beberapa tanda-tanda misalnya:


  • Hidung selalu basah, seperti tengah pilek 
  • Hidung berasa terhalang terus-terusan 
  • Tdk dapat mencium beberapa berbau 
  • Turunkan potensi penciuman 
  • Ngilu di wajah 
  • Sakit kepala 
  • Ngilu di bagian gigi atas 
  • Dahi berasa tertekan 
  • Mendengkur 
  • Bersin-bersin 
  • Berasa gatal dibagian bawah mata 

Banyak orang yg mempunyai polip alami pilek terus-terusan dibarengi bersin. Seputar 75% dari mereka pula alami penurunan potensi penciuman serta tdk dapat mencium berbau. Kadang muncul tanda-tanda alergi pada aspirin, tetapi ini jarang diketemukan. Polip hidung yg berkelanjutan serta tdk diatasi akan mengakibatkan peradangan akut pada hidung Anda.

Apa pemicu polip hidung? 


Sampai sekarang ini belum didapati dengan tentu apa pemicu dari polip yg tumbuh di hidung. Beberapa pakar pula tdk tahu dengan jelas apa yg mengakibatkan peradangan akut atau apa yg menyebabkan tumbuhnya daging lunak pada lubang hidung. Peradangan yg berlangsung terus-terusan itu membuahkan cairan yg di produksi oleh susunan lubang hidung. Cairan ini berbentuk lendir yg lalu terkumpul hingga jadi polip.

Beberapa riset mengatakan jika polip berlangsung pada seorang yg mempunyai tanggapan skema kebal badan yg berlainan bila dibanding dengan orang yg tdk mempunyai polip. Dalam beberapa masalah, orang yg mempunyai polip, nyatanya pula mempunyai kisah asma serta beberapa macam alergi yang lain.

Apa saya beresiko alami polip? 


Meskipun tdk didapati fakta serta pemicu dari perkembangan polip di hidung, tapi beberapa pakar mengatakan ada banyak unsur resiko yg mungkin tingkatkan peluang utk mempunyai polip di hidung, yakni:

Asma, penyakit yg mengakibatkan peradangan pada aliran napas
Peka pada aspirin dapat tingkatkan resiko utk mempunyai polip
Cystic fibrosis yakni kelainan genetik yg membuahkan lendir yg terlalu berlebih dari hidung
Mempunyai keluarga yg sempat alami atau mempunyai polip di hidung.
Apa karena yg akan muncul bila saya mempunyai polip di hidung?

Polip hidung mengakibatkan beberapa permasalahan serta masalah kesehatan, seperti menutup aliran pernafasan sebab ada di lubang hidung, memunculkan infeksi sinus, sleep apnea yakni masalah pernafasan waktu tidur.

Bagaimana triknya menahan hal itu? 



  • Mengawasi kelembapan di dalam rumah Anda dengan humidifier 
  • Mengawasi kebersihan, lewat cara membersihkan tangan dengan sabun serta air mengalir secara teratur serta sekerap mungkin. Ini akan menahan bakteri serta virus melekat pada badan. 
  • Hindari benda atau suatu hal yg mengakibatkan alergi, seperti bahan kimia, debu, dan lain-lain. 
  • Lakukan penyembuhan utk menyembuhkan asma serta alergi, utk menahan peradangan yg lebih kronis berlangsung. 
  • Mencuci lubang hidung dengan obat spesial, ini akan menolong turunkan resiko alergi serta iritasi pada lubang hidung. 

Bila saya mempunyai polip hidung, apa yg mesti saya kerjakan? 


Jika Anda alami gejala-gejala yg sudah dijelaskan awal mulanya, tambah baik utk memperiksakan-diri ke dokter. Penyembuhan utk menyembuhkan sinus umumnya dikerjakan dengan pemberian obat yg dapat membuat polip mengecil bahkan juga hilang serta lakukan operasi pengangkatan polip.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel