Iklan dibawah navigasi

hati-hati dengan haid! 4 Cara Mengurangi Nyeri Haid Karena Endometriosis


Ngilu yg dirasa pada daerah perut waktu menstruasi mungkin adalah perihal yg lumrah dirasa oleh tiap-tiap wanita. Intensitas ngilu yg muncul bisa jadi berlainan pada tiap-tiap wanita. Tetapi, bila ngilu menstruasi demikian tidak tertahankan serta mengganggu kegiatan keseharian Anda, mungkin Anda mengalami tanda-tanda dari endometriosis. Lantas bagaimanakah cara menurunkan ngilu haid karena endometriosis? Baca berikut ini, ya.

Apakah itu endometriosis? 


Endometriosis adalah satu situasi dimana jaringan dinding dalam rahim tampil di luar rahim. Dalam proses menstruasi memang akan berlangsung peluruhan dinding rahim yg tdk dibuahi. Jaringan dinding rahim yg ada dalam tempat lainnya di luar rahim ini pula akan turut luruh serta memunculkan tanda-tanda. Salah satunya yakni ngilu haid terlalu berlebih, menstruasi yg deras, ngilu panggul, sampai ketidaksuburan.

Situasi endometriosis dapat muncul pada wanita dalam rentang umur subur. Pemicu tentu dari endometriosis sampai sekarang ini belum didapati dengan tentu. Tetapi, disangka terdapatnya unsur genetik, lingkungan, serta anatomi badan yg ikut bertindak dalam timbulnya endometriosis.

Langkah menurunkan ngilu haid sebab endometriosis

Endometriosis bukan satu keganasan atau penyakit menyebar. Situasi ini bisa ditangani dengan beberapa langkah. Berikut beberapa panduan yg bisa Anda kerjakan utk menurunkan ngilu haid yg dikarenakan oleh endometriosis.

1. Mengatur type makanan Anda 

Skema makan adalah perihal fundamental yg butuh dilihat utk menurunkan ngilu haid. Pilih sayuran serta buah-buahan daripada menu daging merah. Sayur serta buah memiliki kandungan banyak jenis vitamin serta anti-oksidan, seperti vitamin A, vitamin C, serta betakaroten yg baik utk badan.

Diluar itu, kandungan lemak yg cukuplah banyak pada daging merah akan menyebabkan pembentukan zat bernama prostaglandin serta berefek diproduksinya semakin banyak esterogen. Kandungan hormon esterogen yg tinggi pada tubuh akan menggerakkan perkembangan jaringan dinding rahim.

Tidak hanya sayur serta buah, pilih menu dengan kandungan omega-3 yg tinggi, misalnya: ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, atau telur. Berdasar pada studi, populasi yg banyak konsumsi lemak trans atau lemak jahat condong beresiko tambah tinggi menanggung derita endometriosis dibandingkan populasi yg banyak konsumsi asam lemak omega-3.

2. Olahraga teratur 

Wanita dengan ngilu waktu menstruasi condong akan hindari berolahraga sebab dikuatirkan akan meningkatkan perasaan ngilu. Walau sebenarnya, bila olahraga dikerjakan dengan teratur justru bisa kurangi ngilu menstruasi karena endometriosis.

Dengan olahraga jadi perputaran darah serta distribusi oksigen pada tubuh bisa menjadi lebih lancar. Anda pun akan terasa lebih bugar serta terlepas dari depresi sebab berolahraga akan menyebabkan pelepasan hormon endorfin yg memunculkan sensasi bahagia.

3. Belajar relaksasi 

Depresi yg Anda alami serta rasakan condong jadi memperburuk perasaan ngilu yg muncul. Oleh karenanya, penting buat Anda yg miliki situasi endometriosis utk mengurus depresi Anda supaya tdk begitu membendung. Ini bisa diakali dengan lakukan tindakan-tindakan yg memberi dampak relaksasi buat badan. Tehnik yg bisa Anda kerjakan diantaranya:

Relaksasi otot utk melepas ketegangan atau melemaskan otot-otot anda. Triknya, pikirkan Anda tengah ada di satu tempat yg indah, tenang, serta damai hingga Anda akan terasa lebih enjoy.
Tehnik pernafasan. Mengatur napas Anda dengan menarik napas sedalam-dalamnya melalui hidung, lalu embuskan sepelan mungkin melalui mulut. Ulangilah selalu sampai Anda terasa tambah baik.
Lakukan beberapa gerakan yoga simpel dapat menolong menguatkan serta meregangkan otot-otot panggul serta perut Anda.
4. Minum obat pereda ngilu 

Bila beberapa hal diatas sudah dikerjakan tetapi belum membawa hasil, jadi telah saatnya Anda memperiksakan-diri ke dokter. Atas saran dokter, Anda dapat konsumsi obat-obatan pereda ngilu.

Obat-obatan antinyeri terbagi dalam tingkatan-tingkatan dari obat utk ngilu taraf mudah sampai ngilu taraf berat. Pemakaian obat-obatan antinyeri utk menurunkan ngilu haid mesti ada dibawah pengawasan dokter sebab bisa berefek jelek bila dipakai terlalu berlebih serta tdk termonitor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel