Iklan dibawah navigasi

Ini adalah 4 Pengaruh Positif Sinar Matahari Pada Tubuh

apa itu cmv
Sinar matahari seringkali dijauhi, entahlah sebab bisa membuat kulit menghitam serta terbakar, atau bahkan juga tingkatkan resiko penuaan awal serta kanker kulit. Hingga, tdk bingung bila beberapa orang, khususnya wanita yg mencari langkah utk membuat perlindungan kulit dari panasnya cahaya matahari. Tetapi, tahukah Anda jika sebetulnya ada segudang faedah cahaya matahari buat kesehatan?

Bahaya cahaya ultraviolet dari matahari bukan bermakna Anda mesti berdiam diri di dalam rumah sepanjang hari tanpa ada terserang paparan cahaya matahari. Anda masih membutuhkan faedah cahaya matahari, walau mesti masih membuat perlindungan kulit dari paparan cahaya matahari itu, baik dengan baju pelindung, memakai tabir surya, atau yang lain.

Apa faedah cahaya matahari buat kesehatan badan kita?

1. Tingkatkan produksi vitamin D 


Paparan cahaya matahari bisa menolong badan menghasilkan vitamin D, yg adalah nutrisi penting buat kesehatan tulang serta otak. Vitamin D tdk banyak diketemukan pada makanan, hingga kita butuh memperolehnya dari paparan cahaya matahari.

Vitamin D bisa disintesis di kulit lewat paparan radiasi UVB. Tanpa ada vitamin D yg cukuplah, tulang tdk akan tercipta dengan baik. Tingkat vitamin D yg rendah pada badan akan jadi memperburuk osteoporosis pada pria serta wanita, hingga bisa mengakibatkan penyakit tulang osteomalacia yg menyakitkan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Anda perlu terkena cahaya matahari paling tidak 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, serta muka dalam tempo dua sampai 3x satu minggu utk memperoleh vitamin D yg cukuplah tanpa ada memakai tabir surya, khususnya buat Anda yg mempunyai kulit putih pucat. Pemakaian tabir surya nyatanya bisa menahan potensi badan utk menghasilkan vitamin D waktu terkena cahaya matahari.

Selanjutnya, tingkat vitamin D yg cukup menolong badan menyerap kalsium, yg adalah nutrisi penting utk kesehatan tulang, kurangi resiko terserang penyakit kardiovaskular, arthritis, multiple sclerosis (MS), kanker pankreas, serta kanker payudara.


2. Melakukan perbaikan situasi hati 


Kebanyakan terkena cahaya matahari memang beresiko utk kulit Anda, tetapi, bila Anda memperolehnya dengan cukuplah, cahaya matahari malah bisa melakukan perbaikan atau tingkatkan situasi hati Anda. Menurut Mayo Clinic, penurunan paparan cahaya matahari sudah dihubungkan dengan penurunan serotonin yg bisa mengakibatkan Seasonal Affective Disorder (SAD), yg adalah bentuk stres yg dipacu oleh pergantian musim.

Paparan cahaya matahari yg cukuplah malah bisa menolong badan menghasilkan hormon serotonin, yg bertindak dalam tingkatkan perasaan bahagia, tenang, serta konsentrasi. Menurut Journal of Psychiatry, paparan cahaya matahari dapat berguna buat orang yg menanggung derita stres, masalah dysphoric pramenstruasi, serta pada wanita hamil dengan stres.

3. Melakukan perbaikan kualitas tidur 


Paparan cahaya matahari di siang hari serta kegelapan pada malam hari bisa menolong Anda menjaga irama sirkadian yg sehat, hingga Anda akan terbangun di siang hari serta terasa capek mendekati tidur. Hingga, tdk bingung bila Anda disarankan utk buka gorden saat bangun pada pagi hari serta memakai cuma lampu tidur waktu malam hari.

4. Mengobati masalah kulit terterntu 


Menurut WHO, paparan cahaya matahari bisa menyembuhkan beberapa situasi kulit, seperti psoriasis, eksim, ikterus, serta jerawat. Tetapi, Anda butuh berkonsultasi pada dokter utk memastikannya. Sebab, tdk kebanyakan orang bisa memakai matahari utk menyembuhkan masalah situasi kulit yg dihadapi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel