Iklan dibawah navigasi

Mari kenali apa itu Sitomegalovirus?

Sitomegalovirus



Sitomegalovirus ialah tes darah utk mengecek terdapatnya sitomegalovirus (CMV). CMV ialah virus yg membawa herpes, virus Epstein-Barr, serta varicella zoster (pemicu cacar air serta shingles/cacar ular). CMV ialah type infeksi yg umum diketemukan. Infeksi CMV pula adalah bawaan lahir yg umum berlangsung. Seseorang ibu bisa terserang kontak dengan virus waktu waktu kehamilan, atau infeksi CMV kambuhan dari kisah medis terdahulu. Seputar 10% bayi yg terinfeksi CMV tunjukkan pertanda rusaknya permanen, seperti keterbelakangan mental serta rusaknya pendengaran. Infeksi pada janin akan mengakibatkan microcephaly, hydrocephalus, cerebral palsy, cacat mental, atau kematian. Arti TORCH (toxoplasmosis [Toxoplasmosis], other diseases [Other], Rubella, CMV [sitomegalovirus], Herpes) laku utk infeksi patogen dengan dampak merugikan pada janin.


Kapan saya mesti melakukan sitomegalovirus? 


Infeksi biasa terdeteksi pada janin, anak-anak, serta remaja awal. Beberapa kelompok yg berkesempatan terinfeksi CMV, termasuk juga: gay, pasien dengan transplantasi organ, serta ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS). Infeksi umum dikarenakan oleh kontak cairan badan atau urin. Transfusi darah pula jadi cara penyebaran CMV yg umum berlangsung. Umumnya pasien dengan infeksi CMV kronis mempunyai dikit, atau tdk benar-benar, sinyal serta tanda-tanda yg tampak.

Bila Anda tunjukkan pertanda infeksi CMV, serangkaian tes ini akan dikerjakan utk memastikan apa Anda betul-betul terinfeksi. Virus dapat dideteksi oleh implan atau PCR, dengan sampel spesimen dari darah, cairan badan yang lain, atau biopsi jaringan badan.


Pemindaian serta serangkaian tes utk bayi Anda 


Serangkaian tes yg dipakai utk memastikan apa Anda tertular infeksi bisa menjadi penting bila Anda pada waktu kehamilan. Wanita hamil mempunyai anti-bodi dengan probabilitas begitu minim utk aktivasi virus serta penyebaran pada janin.

Bila ada pertanda infeksi yg baru terdeteksi waktu kehamilan, Anda mungkin mesti memperhitungkan lakukan pemecahan air ketuban utk uji selanjutnya, dokter akan ambil sampel air ketuban utk memastikan apa janin sudah terinfeksi oleh virus. Utamanya tes air ketuban akan bertambah bersamaan dengan penyimpangan yg disebabkan oleh CMV atau infeksi yang lain yg tampak waktu ultrasound. Bila Anda atau dokter Anda mencurigai anak Anda mungkin terjangkit CMV bawaan, penting utk selekasnya lakukan tes pada bayi di 3 minggu pertama pasca-kelahiran. Lebih dari 3 minggu, hasil uji tdk akan konklusif dalam memutuskan terdapatnya infeksi CMV bawaan, karena bayi Anda mungkin terinfeksi dari petugas medis atau terserang kontak dengan saudara atau bayi yang lain yg mempunyai infeksi.


Pemindaian serta serangkaian tes bila ketahanan badan Anda rendah 


Serangkaian tes CMV bisa menjadi penting bila Anda mempunyai kelainan pada skema imun yg mengakibatkan kapasitas skema imun Anda melemah. Misalnya, bila Anda seseorang ODHA, Anda akan membutuhkan pemindaian CMV, serta bahkan juga bila Anda tdk mempunyai infeksi aktif, Anda masih diharuskan utk dicheck dengan teratur utk komplikasi infeksi CMV, seperti komplikasi masalah pandangan atau pendengaran.

Mencegah & peringatan

Apa yg mesti saya tahu sebelum melakukan sitomegalovirus? 


Dokter bisa lakukan transplantasi, isolasi, atau identifikasi CMV. Tetapi lewat cara ini, dokter tdk dapat memperbedakan pada infeksi kronis, infeksi akut, ataupun infeksi nonaktif. Dokter akan merekomendasikan satu tes utk anti-bodi virus untuk tahu lebih tentu mengenai penyakit itu. Biasanya, titer immunoglobulin G anti-CMV akan bertambah sesudah sekian tahun. Type anti-bodi yang lain bisa dipakai utk menjumpai periode infeksi. PCR ialah satu tehnik peka serta detil utk menganalisis infeksi CMV dengan tepat.

Penting buat Anda utk tahu peringatan serta mencegah sebelum lakukan tes ini. Jika Anda mempunyai pertanyaan, tanyakan pada dokter utk info serta petunjuk selanjutnya.

Proses

Apa yg mesti saya kerjakan sebelum melakukan sitomegalovirus? 


Dokter Anda akan menerangkan dengan detil tentang jalannya mekanisme yg diperlukan. Tdk ada persiapan spesial yg mesti Anda kerjakan sebelum melakukan tes CMV.


Bagaimana proses sitomegalovirus? 


utk mengisolasi kultur, dokter akan ambil sampel dari urin, sputum, atau air liur Anda. Dokter akan minta Anda utk memberi sampel baru selekasnya mungkin
sampel itu lalu akan dikultur dalam laboratorium saat kira-kira 3 – 7 hari
utk menguji konsentrasi atau antigen dari anti-bodi, dokter akan ambil sampel darah serta diklasifikasikan ke ampul bertutup kuning atau merah
bila Anda tengah hamil serta diduga terjangkit infeksi kronis, Anda mesti selekasnya menjumpai dokter utk perlakuan selanjutnya
dokter akan menjadwalkan Anda pada 2 – 4 minggu sesudah sampel pertama utk pemungutan sampel kelanjutan
Apa yg mesti saya kerjakan sesudah melakukan sitomegalovirus?

Sesudah tes darah, selekasnya tutup ruang sisa suntikan dengan kapas atau pad lembut serta rekatkan dengan perban utk menahan perdarahan. Jika Anda mempunyai pertanyaan yg terkait dengan proses tes ini, konsultasikanlah pada dokter Anda utk pandangan yg tambah baik.

Keterangan dari Hasil Tes 


Apa makna hasil tes yg saya bisa?

Hasil normal

Tdk terinfeksi dengan CMV

Hasil abnormal

Terinfeksi CMV 


terdeteksi terdapatnya anti-bodi CMV yg memberikan indikasi infeksi sempat berlangsung atau tengah berjalan. Bila jumlahnya anti-bodi (dimaksud titre anti-bodi) alami penambahan dalam beberapa minggu, berarti Anda sudah terinfeksi atau sempat terinfeksi awal mulanya
infeksi CMV akut (anti-bodi CMV akut konstan, tdk beralih dalam tempo lama) bisa kembali aktif pada pasien dengan immunodefisiensi
Jika Anda mempunyai pertanyaan yg terkait dengan hasil tes ini, konsultasikanlah pada dokter Anda utk pandangan yg tambah baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel